Skip to main content

Wisata Unik di Bali Butterfly Park

bali butterfly park

Seperti kota-kota besar di berbagai belahan dunia lain, sejumlah kota besar di Indonesia memiliki kebun binatang. Akhir-akhir ini juga semakin terkenal wahana satwa yang dikenal sebagai Taman Safari, dimana binatang tidak dipelihara di dalam kandang tetapi dalam hutan mini yang ibuat sedemikian rupa menyerupai habitat aslinya. Selain itu ada juga yang berfokus pada kelompok binatang tertentu saja, seperti Taman Burung misalnya.

Nah sebagai salah satu tempat tujuan wisata kelas dunia yang tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara, sepertinya Bali punya semua.

Ada Bali Zoo Park yang mewakili konsep kebun binatang, ada Bali Safari and Marine Park yang mengusung konsep Taman Safari, juga ada Bali Bird Park dan Bali Reptile Park yang sesuai namanya, befrokus pada kelompok binatang tertentu saja, dalam hal ini burung dan reptil.

READ  Mesjid Menara Kudus, lambang kearifan lokal

Yang terakhir ini adalah hewan melata, seperti ular dan berbagai jenis hewan yang selewat memiliki bentuk tubuh mirip, dari cicak dan tokek sampai buaya dan komodo.

Yang masih jarang diketahui wisatawan adalah Bali Butterfly Park atau Taman Kupu-Kupu. Sesuai dengan namanya, disini kita bisa melihat aneka jenis kupu-kupu ditambah beberapa jenis serangga, banyak diantaranya sangat jarang kita temui, apalagi di kawasan perkotaan.

Kecuali beberapa jenis serangga yang keberadaannya akan sulit dilihat jika tidak “dikandangkan”, ratusan bahkan mungkin ribuan kupu-kupu dari berbagai jenis beterbangan dengan bebas diantara pepohonan dan bunga di dalam taman yang cukup luas.

Hanya saja memang kebebasannya tidak sebebas-bebasnya, karena taman ini di selimuti jaring tipis sehingga kupu-kupunya tidak lepas ke alam bebas.

READ  Bersepeda di Kintamani Bali

Pengunjung bisa masuk ke dalam taman dan menyaksikan keindahan aneka jenis kupu-kupu dengan berbagai ukuran dan warna. Sebagian diantaranya konon berasal dari luar negeri. Selain itu juga ada tempat khusus untuk membantu proses pengembangbiakan kupu-kupu dimana kita bisa melihat siklu dari ulat, menjadi kepompong, menjadi kupu-kupu yang indah, bertelur, dan kembali menjadi ulat.

Sementara itu kupu-kupu yang mati – siklus hidupnya memang pendek – diawetkan dan disimpan di ruang pajangan. Tidak mudah mengidentifikasi masing-masing jenis kupu-kupu saat mereka beterbangan lincah kesana kemari, di ruang tempat memajang kupu-kupu yang sudah diawetkan ini kita bisa mengamati dengan leluasa.

Tantangannya, letaknya cukup jauh. Lokasinya sekitar 7 kilometer di utara Kota Tabanan. Jadi dari pusat-pusat akomodasi wisatawan seperti Kuta, Sanur atau Denpasar misalnya, perlu waktu lebih dari satu jam untuk mencapainya.

READ  Berkunjung ke Objek Wisata Purwokerto

Tapi ada beberapa tempat wisata lain yang berdekatan, lokasi ini juga merupakan rute utama menuju kawasan Jatiluwih. Jadi bisa sekalian, sambil menyelam minum air.

Kalau berwisata bersama anak-anak, tempat wisata yang satu ini pasti sangat cocok, apalagi di Indonesia keberadaan Taman Kupu-Kupu sangat jarang.

Kalau mau ke Bali Butterfly Park, datanglah pagi-pagi, karena kalau sudah siang aktivitas kupu-kupu semakin menurun, jadi kurang seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *