Tips Liburan Di Bali

Sepertinya dibandingkan dengan tempat tujuan wisata lain di tanah air, Bali merupakan tempat berlibur yang paling mudah. Nggak heran sih, soalnya Bali bukan hanya tempat tujuan wisata yang digandrungi wisatawan domestik tetapi juga turis mancanegara. Karena itu berbagai fasilitas wisata yang tersedia, rata-rata memang berstandar internasional, dari papan penunjuk jalan, fasilitas-fasilitas di tempat wisata, akomodasi, sampai dengan standar keselamatan yang diterapkan operator aktivitas wisata, semua berkelas dunia.

Karena itu liburan di Bali memang nggak perlu terlalu pusing mikir. Selain aneka daya tarik wisata yang merupakan paduan antara keindahan dan warisan budayanya, apapun fasilitas yang kita perlukan pasti tersedia, banyak dan dengan aneka pilihan.

Hotel, restoran, sewa mobil, spa, supermarket, mall, tempat dugem, sampe rumah sakit. Ya siapa tau, bukannya ngarepin kan tapi siapa tau emergency ada apa gitu. Jadi meskipun misalnya anda belum pernah berkunjung ke Bali, nggak perlu ragu untuk liburan di Bali.

Masalah paling serius adalah ketersediaan angkutan umum yang sangat terbatas di Bali. Karena itu kebanyakan wisatawan sangat tergantung dengan taksi. Taksi memang banyak dan cukup nyaman. Lagian kalo taksi biasa kurang nyaman, bisa pilih taksi kelas atas semacam Silver Bird misalnya, cuma harganya memang kadang kurang bersahabat dengan kantong.

Anda yang berlibur di Bali “on-budget” bisa memilih untuk menyewa sepeda motor atau mobil. Kalau mau lebih hemat, pilihlah sewa mobil “lepas kunci” alias nggak pake supir. Biaya sewa mobil model ini relatif terjangkau, malah jadi hemat jika dibandingkan dengan bayar ongkos taksi kesana kemari.

Sewa motor matic sekitar 50-75 ribu per hari, sementara untuk sewa mobil kelas-kelas murah meriah semacam Suzuki Estillo atau Daihatsu Xenia bermain di kisaran 150-250 ribu. Tinggal isi bensin, cus mau kemanapun bebas.

Gak usah takut nyasar. Di airport banyak peta gratis, jangan lupa ngambil pas keluar. Kalo lupa ya coba minta di hotel. Kalo nggak ada juga, ya cari aja toko buku. Bermodal peta dan petunjuk jalan yang cukup lengkap, biasanya wisatawan sudah bisa wara-wiri kesana kemari, bahkan sampai ke tempat-tempat wisata terpencil sekalipun. Itu kalo anda jadul, kalo anda modern, ya dipake smartphonenya. Kalo udah nenteng smartphone berteknologi GPS masih nyasar juga … ya kebangetan. Hehehe.

Wisata Pantai

Dikelingi lautan, Bali memiliki sejumlah pantai indah yang masing-masing menawarkan daya tarik tersendiri. Dari warna pasir bahkan sampai tekstur butiran pasirnya.

Belum lagi berbagai aktivitas populer yang ideal dilakukan di pantai-pantai tertentu, bukan hanya sekedar bersantai tetapi juga aneka aktivitas menantang.

Wisata Budaya

Kombinasi talenta seni dan keagungan religi, masyarakat Bali memiliki warisan tradisi yang kaya warna dan istimewanya bukan hanya bisa kita nikmati sebagai atraksi wisata tetapi masih lekat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Wisata Kuliner

Mayoritas penduduknya yang beragama Hindu membuat banyak wisatawan ragu untuk menikmati hidangan khas Bali. Meskipun demikian sebetulnya ada banyak sajian khas Bali yang sama sekali tidak mengandung bahan yang diharamkan bagi penganut agama Islam. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengeksplorasi kuliner Bali.

Fasilitas Wisata

Sebagai kawasan wisata kelas dunia, Bali memiliki fasilitas wisata terbaik berstandar internasional. Meskipun demikian Bali juga memiliki banyak penawaran untuk semua segmen. Anda berlibur hemat atau memiliki kantong cukup tebal untuk memanjakan diri dengan kemewahan? Semua ada di Bali.

Related Posts

Add Comment