Review Tegalalang Bali Yang Indah

Lokasi Tegalalang tidak begitu jauh dari Ubud. Area sekitar Tegalalang memberikan pemandangan persawahan yang indah dengan terasering yang tertata rapi.

Kontur wilayah yang berbukit-bukit tidak menghalangi para petani untuk menanam padi, untuk mengakalinya mereka membuat teras-teras.

Selewat kawasan Tegalalang mungkin tidak terasa istimewa. Jajaran toko-toko cinderamata sepanjang kiri-kanan jalan bukanlah pemandangan yang luar biasa di sebuah kawasan wisata seperti Bali. Desa ini selain merupakan kawasan pertanian yang subur juga merupakan tempat bermukim pemilik tangan-tangan terampil yang sanggup menyulap bongkahan kayu yang tidak berharga menjadi karya seni bernilai tinggi yang diburu wisatawan dan dibawa bahkan sampai ke mancanegara.

Tetapi dibalik jejeran toko-toko itu justru tersembunyi keindahan yang luar biasa, kawasan persawahan subur yang terus berganti-ganti warna sepanjang tahun seiring siklus pertumbuhan tanaman padi.

Konturnya yang berbukit-bukit diakali para petani setempat dengan membuat teras-teras sehingga tanaman padi tetap bisa digenangi air bahkan pada kawasan dengan kemiringan cukup terjal sekalipun. Saking terjalnya kemiringan tanah disini, tiap tingkatan teras sawah ada yang lebarnya tidak lebih dari satu meter saja.

Pemandangan persawahan berteras inilah yang menjadi daya tarik Tegalalang yang sesungguhnya.

Salah satu tempat yang cukup populer dan memang paling pas untuk menikmati keindahan panorama Tegalalang adalah di Cafe Teras Padi, sebuah restoran yang dibangun dengan bentuk bale-bale yang terpisa di puncak lembah. Teras-teras padi menurun ke bawah sampai bertemu dengan sebuah sungai kecil di dasar lembah sebelum kembali menanjak dengan tumpukan teras di sisi seberangnya.

Selain Ubud dengan berbagai macam daya tariknya, beberapa tempat wisata lain di sekitar kawasan ini adalah Pura Goa Gajah, Istana Tampaksiring, dan Kintamani.

Related Posts

Add Comment