Mendaki Gunung Batur Di Bali

Karena ketinggiannya yang tidak terlalu ekstrim, bahkan mereka yang tidak memiliki pengalaman mendaki gunungpun dapat melakukannya. Setelah beberapa jam mendaki di tengah kegelapan malam anda akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang spektakuler.

Jika di Pulau Jawa kita mengenal Gunung Bromo yang sangat terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya, di Bali ada Gunung Batur, yang keindahan pemandangan matahari terbitnya juga tidak kalah terkenalnya.

Mungkin pada dasarnya pemandangan matahari terbit dari puncak ketinggian memang selalu indah, sehingga kita sering kali melihat foto-foto keindahan matahari terbit dari berbagai puncak gunung seperti Gunung Gede dan Ciremai di Jawa Barat atau Gunung Rinjani di Lombok misalnya.

Pendakian dimulai pada pukul 3.30, dimana semua peserta bergerak di tengah kegelapan dengan panduan instruktur. Sepanjang perjalanan ditempuh dalam kondisi gelap gulita, kecuali bila kebetulan bulan sedang bersinar.

Rombongan mencapai puncak beberapa saat sebelum jam 6 pagi, sehingga ada cukup waktu untuk beristirahat sebelum mempersiapkan kamera untuk mengabadikan semburat pertama sang surya.

Selain kehangatan sinar matahari setelah sepanjang perjalanan didera udara dingin selepas matahari terbit anda juga akan menikmati sarapan yang sederhana tetapi dijamin mengesankan, berupa teh hangat dan telur rebus yang di masak dengan uap vulkanik.

Karena matahari sudah mulai meninggi, biasanya perjalanan kembali meskipun menurun tetapi lebih lama dari saat perjalanan naik, karena mata anda akan sibuk mengamati keindahan pemandangan sementara tangan anda akan sibuk dengan kamera. Dalam perjalanan turun, kita juga akan dipandu untuk mengunjungi ketiga kawah Gunung Batur.

Perjalanan akan berakhir di Pura Jati di kaki gunung sekitar pukul 9 sampai 10 pagi. Tergantung lokasi hotel anda, anda akan tiba kembali ke hotel sekitar pukul 11 sampai 12 siang, tepat sebelum makan siang dan beristirahat membayar jatah tidur yang terpotong dan tenaga yang terkuras.

Related Posts

Add Comment