Mau ke Pantai Sanur? Baca Infonya Disini

Berada di pesisir timur, Sanur terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya. Pantainya yang tenang dan berpasir putih membuat Sanur selalu penuh dikunjungi wisatawan baik asing maupun domestik.

Bentangan Pantai Sanur cukup panjang. Jarak dari ujung utara yang berada tepat di titik pertemuan antara pantai berpasir hitam dan pantai berpasir putih sampai ujung selatan yang dikenal sebagai Pantai Mertasari panjangnya lebih dari 2 kilometer, dimana sepanjang bentang pesisir berpasir putih itu terdapat beberapa titik pusat keramaian pengunjung seperti Pantai Segara, Pantai Sindhu, Pantai Karang, dan Pantai Semawang.

Meskipun demikian yang dikenal sebagai titik Pantai Sanurnya sendiri adalah ujung utara, tempat dimana pantai berpasir hitam dan pantai berpasir putih bertemu. Sebagai penandanya adalah Hotel Inna Grand Bali Beach, satu-satunya bangunan tinggi yang ada di Bali dan dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Pantai ini juga merupakan pelabuhan alam untuk transportasi dari dan ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan, baik dengan menggunakan perahu kayu tradisional maupun yang menggunakan speed boat.

Sementara itu sejumlah fasilitas pemecah pantai ditata sangat cantik dengan menempatkan gazebo untuk bersantai, sehingga alih-alih mengganggu pemandangan, sistem yang melindungi pesisir pantai dari gempuran ombak ini justru menjadi elemen yang mempercantik pemandangan.

Sejajar dengan garis pantai terdapat jalan utama di kawasan ini, yaitu Jalan Danau Tamblingan. Membujur sekitar 100 meter dari bibir pantai, jalan ini dipenuhi berbagai fasilitas yang diperuntukkan bagi wisatawan. Hotel, restoran, toko cinderamata, tempat penukaran uang asing, bar, cafe, sampai tempat pijat dapat dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan ini.

Daya tarik lain Pantai Sanur adalah keindahan terumbu karangnya. Kita memang tidak bisa menikmati keindahan terumbu karang di tepi pantai seperti halnya di Candidasa.

Tetapi sedikit di lepas pantai ada banyak tempat dimana keindahan surga bawah laut dapat dinikmati baik dengan snorkel atau menyelam. Hampir semua operator selam di Bali bermarkas atau setidaknya memiliki kantor di Sanur.

Lokasinya yang sangat dekat dengan Denpasar – bahkan sebetulnya secara administratif merupakan bagian dari wilayah Kota Denpasar – membuat pantai ini juga populer di kalangan penduduk lokal.

Setiap Sabtu dan Minggu pantai ini selalu penuh oleh penduduk lokal yang bersantai bersama keluarga.

Meskipun titik paling terkenal dan mungkin juga unik adalah di titik pertemuan pasir hitam dan putih, untuk bersantai lebih baik berjalan sedikit ke selatan. Titik-titik pantai seperti Pantai Segara, Pantai Sindhu, Pantai Karang, dan Pantai Kesumasari lebih nyaman untuk bersantai. Suasananya lebih tenang (jauh dari “pelabuhan”), pasir pantainya juga lebih bersih.

Related Posts

Add Comment