Skip to main content

Desa Sembalun Lawang, Surga di Kaki Dewi Rinjani Lombok

Desa Sembalun Lawang

Siapa bilang Lombok hanya identik dengan indahnya hamparan pasir putih, laut biru, dan angin sepoi-sepoi. Ternyata Lombok tidak hanya tentang pantai semawun, pantai Kuta, Pantai selong belanak dan pantai lainnya. Sekali-kali cobalah mengubah destinasi Lombok.

Mungkin selain pantai, yang juga terkenal di Lombok adalah Gunung Rinjani. Tapi tahukah anda ternyata Lombok juga menyimpan surga lain. Anda tak perlu bersusah payah mendaki Gunung Rinjai untuk menemukan pemandangan yang luar biasa, karena sebelum melakukan pendakian, anda akan melewati desa yang sangat indah yaitu Desa Sembalun Lawang.

Desa Sembalun Lawang

Desa yang merupakan salah satu jalur pendakian yang menjadi favorite para pendaki, berada di sebelah Utara gunung Rinjani. Pemandangan yang hijau membuat perjalanan menjadi menyenangkan, ditambah lagi udaranya yang sangat sejuk.

READ  Daftar Wisata Belanja Di Bandung

Lagipula para pendaki bisa menghemat energy untuk menuju puncak Rinjani melalui desa ini. Kenapa ? Karena untuk mencapai desa ini bisa menggunakan transportasi darat dari Mataram sekitar 4 jam perjalanan. Anda pun sudah menyicil perjalanan setinggi 1156 mdpl

Jangan takut, jalanan yang dilalui relative sudah bagus dengan jalanan aspal sepanjang jalan. Tapi para pengendara tetap harus hati-hati dikarena jalanan yang naik turun dan berkelok-kelok. Pastinya juga, hindari perjalanan di sore hingga malam hari. Karena situasi mulai gelap da berkabut. Apabila hujan, maka alangkah baiknya menghentikan perjalanan dikarenakan banyak pohon yang bisa tumbang.

Di desa ini juga terdapat Posko RIC (Rinjani Information Center) Sembakun. Disinilah pusat informasi dan pendaftaran bagi anda yang ingin melakukan pendakian. Kalau berniat istirahat dan mengumpulkan tenaga dulu sebelum mendaki , anda bisa menyewa penginapan disini. Banyak penginapa murah dan juga nyaman untuk bermalam. Anda tinggal pilih!

READ  Mesjid Menara Kudus, lambang kearifan lokal

Para porter juga bisa anda sewa disini. Mereka juga merangkap menjadi Koki untuk melengkapi perjalanan anda.

Tapi dengan menginjakkan kaki di Sembalun saja anda sudah akan mendapatkan gambaran keindahan. Jadi tak masalah jika anda hanya ingin berleha-leha atau menikmati sembalun tanpa mendaki Rinjani. Desa Sembalun pun sudah menggambarkan keindahan Sang Dewi. Bila masih penasaran keindahan lainnya, maka angkatlah ransel anda dan berjalanlah menuju puncak.

Selamat menikmati Sang Dewi Rinjani!
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *